-->

Unik, Buaya Di Desa Ini Ramah Kepada Penduduk Desa

Buaya paga
Seorang turis duduk diatas buaya
Pada umumnya buaya adalah hewan yang agresif, terlebih lagi bila hidup dialam liar, tapi lain halnya di kota paga. Kota kecil di sebelah utara ghana, tepat diperbatasan burkina faso, afrika. Di kota kecil ini masih banyak hewan liar termasuk jenis predator yang menakutkan ini. Buaya-buaya ini hidup di dalam danau kecil, sekitar 44 kilometer dari kota besar bolgatanga.

Pernah kebayang gak sob, berenang didanau yang dihuni oleh buaya? Pastinya sangat mengerikan ya sob. Tapi disana anak-anak kecil bisa berenang dengan riang, sementara ibu mereka mencuci pakaian di tepi danau. Tidak pernah ada seorangpun yang pernah dimakan oleh buaya-buaya disana. Penduduk disana sangat menghormati hewan ini dan mereka percaya bahwa jiwa penduduk desa yang meninggal akan dibawa oleh hewan-hewan ini. Mereka mengklaim bahwa setiap kali ada seorang tokoh desa yang meninggal dunia, itu diikuti oleh kematian salah satu buaya suci.

Mengapa buaya-buaya itu tidak pernah menyakiti penduduk desa disana? Menurut cerita rakyat setempat, bahwa, dulu pernah ada pemburu dikejar singa lalu ia terjebak diantara danau yang dihuni buaya dan singa yang mengejar, dan akhirnya sang pemburu dan buaya membuat perjanjian bahwa jika buaya bisa menyelamatkannya dan membawa ke seberang danau, si pemburu berjanji dia dan keturunannya tidak akan pernah memburu dan menyakiti buaya-buaya di sana. Buaya setuju dan membantu pemburu untuk menyeberang kolam. Pemburu membangun rumah di sana dan mendirikan sebuah desa.

Cerita lainnya, menceritakan tentang seseorang bernama Nave, yang meninggalkan rumahnya di Leo di Burkina Faso, dan datang berkelana ke negara. Dia tersesat, lalu ketika mencari air ia bertemu buaya dan memberitahu tempat sumber air. Saat itulah ia memutuskan untuk menetap dan membangun desa paga. Dan ia berjanji tidak akan ada satupun dari keturunannya akan memburu dan memakan buaya.

Tidak ada seorangpun yang tahu asal muasal buaya-buaya itu. Danau itu dikelilingi oleh daratan. Menurut penelitian, buaya yang paling tua didalam danau berumur lebih dari 80 tahun.

Sebenarnya ada dua danau yang dihuni oleh buaya. Yang pertama terletak di dekat jalan raya 12 km dari Navrango disebut sebagai danau utama dan yang satunya adalah danau buaya Zenga, lima menit berkendara dari jalan utama ke perbatasan Paga. Panduan didanau dengan menggunakan ayam hidup, dibayar oleh wisatawan, untuk memancing buaya keluar dari air dan berjalan ke tanah. Dimana wisatawan dapat mengambil gambar mereka. Kadang-kadang anak-anak dan bahkan orang dewasa akan duduk di punggung buaya dan berfoto.

Cek sob foto-foto dibawah ini







0 Response to "Unik, Buaya Di Desa Ini Ramah Kepada Penduduk Desa"

Post a Comment